Pengalaman Saya Masuk SMK - Rekayasa Perangkat Lunak

Selamat mendengarkan curahan hati saya, hehe.
Ya terbilang postingan ini sebagai curhat, tetapi jangan salah, mungkin kawan termotivasi setelah melihat ini, atau mungkin biasa-biasa saja, hehe. Ya gak perlu panjang lebay, kita langsung aja ke cerita. "Pengalaman Mendaftar di SMK dan masuk ke jurusan Rekayasa Perangkat Lunak"

Satu tahun yang lalu, tepatnya bulan Juni 2016, saya beserta 3 orang teman saya menjelajah ke 3 SMK ternama yang letaknya terjangkau dari Kecamatan Dayeuhluhur. Kita mengumpulkan informasi dari ke 3 Sekolah tersebut. Walaupun ke 3 sekolah itu mempunyai jarak yang sangat jauh, tetapi demi masa depan setelah SMP kami bertiga mulai melirik-lirik lingkungan SMK. Mulai dari Majengan, Wanareja, hingga ke Banjar kita lalui perjalanan mencari Sekolah yang cocok untuk saya belajar. Karena daerah itu adalah daerah yang dekat dengan Dayeuhluhur, kenapa saya tidak memilih sekolah di daerah sendiri aja (Dayeuhluhur)? Karena pada dasarnya saya ingin menjadi pribadi yang mendiri, ingin merantau, ingin mengetahui dan bersosialisan di daerah orang lain, dan yang utama yaitu ingin menambah pengalaman di tempat yang baru dengan suasana yang pasti baru.

Dari ketiga itu saya mulai merasa kebingungan, karena semua sekolah itu bagus dan berkualitas. Yang pada akhirnya saya sendiri memutuskan untuk memilih sekolah yang pendaftarannya dibuka paling awal, yaitu SMK yang ada di Banjar 15 Juni 2016. Saya dan ketiga teman saya ditemani orang tua melakukan pendaftaran di daerah yang terkesan baru tersebut. Saya ingin mengetahui bagaimanakah kehidupan di kota. Karena dari kecil hingga SMP yang saya ketahui adalah desa. Tujuan utama kita ingin mendaftar di semua sekolah, dan ingin mencari yang terbaik. Namun tak disadari keterbatasan dalam semua aspek hanya dapat mendaftar di 2 sekolah saja.

Pengumuman pertama pun di umumkan di Banjar. Saya dan ke 2 teman saya yang akhirnya memutuskan untuk bersekolah di Banjar saja, karena disini kita bisa belajar mandiri, belajar beradaptasi di lingkungan kota, belajar di daerah orang lain, dan mencari pengalaman dan suasanan baru. Disini saya memiliki 2 pilihan, yang antara lain Multimedia dan Rekayasa Perangkat Lunak.

Multimedia yang menjadi acuan tidaklah menjadi harapan. Karena di balik acuan saya adalah Rekayasa Perangkat Lunak, yang pada akhirnya saya sendiri melaju ke jurusan Rekayasa Perangkat Lunak sedangkan 2 teman saya dengan acuannya tetap di jurusan Multimedia. Walaupun awalnya sempat terasa kecewa dan tidak menyangka, dengan tidak adanya persiapan sedikitpun juga, saya harus memahami suatu kesalahan ini dan melanjutkan hidup di jalur yang baru dengan aroma  Programmer.

Enam bulan berjalan, saya mulai bosan dengan suasana kelas yang sangat tidak diharapkan. Entah mengapa, RPL kian menjadi sorotan. Entah mengapa juga siswa disini kurang begitu peduli akan sesuatu. Mungkin mayoritas kelas ini yang paling banyak orang yang kurang beruntung di dalam penjurusan. Sehingga banyak orang yang frustasi dengan menampakan diri sebagai wujud kekecewaan.

Namun saya bukanlah orang yang seperti itu, saya ingin tetap tegar. Mungkin kesabaran saya mulai saat ini sedang di uji dengan suasana kelas yang kurang kondusif, kurang fokus, dan ini awal dari kemalasan. Itu hal yang tidak saya inginkan. Yang saya inginkan adalah, saya ingin menjadi siswa yang berbudi pekerti, berakal, disiplin, tepat waktu, dan patuh terhadap guru.

Itu hanyalah permulaan, itu bukanlah apa-apa. Ternyata itu belum ke sektor pendidikan, itu masih di pemahaman. Setelah satu tahun berlalu, wajah pelajar pun mulai terlihat. Benih-benih kedisiplinan pun mulai tumbuh. Dan saat inilah semangat ku yang tiada kini bergelora..
Setelah beberapa siswa yang mengundurkan diri, setelah beberapa dari kami mendalami arti kehidupan, setelah kami semua mengetahui dan memahami, kini kita menjadi siswa dan pelajar yang Sejati.

Satu tahun itu di ibaratkan satu minggu perjalanan. Tak terasa kini ku menjadi kelas 11. Dan pada saat ini aku mulai mengetahui apa itu arti dari semua aspek kehidupan bersekolah, dan bermasyarakat. Ternyata sekolah itu bukan mencari nilai semata, tetapi sekolah ialah menjadikan kami untuk jadi manusia yang sejati (disiplin, terampil, berakal, beragama, berfikir, dan bersaudara).

Algoritma kini ku mengerti, database, visual basic, web, dan komputer secara mendasar. Dalam satu tahun ini saya menemukan, bagaimana langkahku ke depan. Mulai saya memahami tentang coding dan logika. Ternyasa semua terasa nyaman dan seru dilakukan. Mulai dari itu saya mencintai Rekayasa Perangkat Lunak dengan sempurna.

Tiada keberhasilan apabila dibelakan kita tidak ada motivasi dan didikan para guru SMK. Tutur katamu, semangatmu, dan didikanmu sangat berarti untukku. Terima Kasih Guruku . . .

Yang membuat saya mencintai Rekayasa Perangkat Lunak adalah:
- RPL itu logika.
- RPL itu membuat program aplikasi. (hmzz).
- Belajar RPL itu seru dan menantang.
- Skill RPL itu tidak mudah dikuasai oleh jurusan lain.
- RPL itu romantis, "sama titik koma aja perhatian apalagi sama kamu." hehe.
- Pemikiran RPL itu luas.
- Teknologi itu dimiliki dan selalu berovolusi seiring berjalannya para Programmer.
- Tidak semua orang bisa dengan mudah memahami kami.

Setiap harinya, saya selalu disuguhi dengan ribuan coding dalam satu paket aplikasi. Mungkin kata "ribuan" itu susah dilakukan, tetapi jika kita MERINTIS satu persatu, kata "ribuan, jutaan, hingga tak terhitung" itu akan menjadi mudah. Buktinya, saya yang awalnya gak pernah ada persiapan, tetapi atas izin Allah SWT saya kini bisa menguasai dasar-dasar dari WEB, Desktop, DasaBase, dan sebagainya. Ya, walau sedikit demi sedikit. "Perlahan tapi pasti".

Banyak loh, yang kita pelajari di dunia RPL. RPL malah lebih luas dan sangat dibutuhan oleh banyak orang, terutama kita sebagai penikmat teknologi dan gamers, ya kan? Ya kalau gak disana, kita dari RPL bisa jadi teknisi juga, jadi admin, dan sebagainya. Kalau beruntung lah, kita bisa mungkin daftar tuh di perusahaan raksasa internet (google). "Mungkin, jadi banyak-banyaklah belajar".
RPL itu luas, kita mempelajari Algoritma yang harus menggunakan Logika, Pemrograman Desktop dengan bahasa VB, Java, C, dll, Pemrograman WEB dengan bahasa HTML, PHP, SQL, CSS, dll, dan mungkin kita akan belajar Android.

Wihhh,, luas banget kan skill RPL . . .
Seorang bloger, palingan hanya mengetahui satu skill saja yaitu WEB. Seorang pembuat aplikasi mungkin satu saja Desktop atau Android/Java...
Kalau kita sebagai anak RPL, kita bisa menguasai Semuanya . . . Ya tapi dengan satu syarat, "Rajin Ngulik, berfikir kritis dan kreatif, logikanya kuat".

Dan yang terakhir, saya mau kedepannya. Saya ingin berhasil, belajar lebih tekun, giat, mengikuti PKL dengan lancar, dan ujung-ujungnya ya Kerja yang lancar dan halal. Sekarang  yang lagi populer itu katanya WEB, JAVA, dan Android. Ya semoga saja saya suatu saat nanti saya bikinin kalian game seru deh, insya'allah. Atau kalau enggak, ya saya bikin aplikasi penting aja, kalau enggak ya bisa buat Website dan meraih keuntungan juga tuh... Kalau saya bisa, Hehehe . . .

Ya pada intinya adalah Niat, Usaha, dan Doa . . . .

Salam Sukses.
Rekayasa Perangkat Lunak, Is The Best.

1 Comments

  1. Sangat terkotivasi kaka,
    Oh iya kalau di RPL bakalan terjun di duniah android kah?

    ReplyDelete

Komentar Anda Sangat Kami Tunggu! Silahkan Berkomentar Dengan Menggunakan Nama Asli (lengkap)